Pengertian dan Jenis Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Pengertian dan Jenis Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Pengertian dan Jenis Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) - Ada beberapa hal yang dilarang dalam kehidupan sehari - hari yang bisa termasuk kedalam pelanggaran Hak Asasi Manusia. Tentunya sebagai manusia kita harus menjadi seorang yang berkelakuan baik sesama manusia. Oleh karena itu, materi yang satu ini sangat penting. 

Pengertian Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Dalam UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM Pasal 1 ayat 6, pelanggaran hak asasi manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang, termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian secara hukum mengrangi, menghalangi, membatasi, atau mencabut hak asasi manusia, seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang ini, dan tidak mendapatkan, atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar, berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Berdasarkan pengertian tersebut, pelanggaran HAM dapat dilakukan oleh individu, kelompok, dan aparat negara. Pelanggaran yang dilakukan oleh individu merupakan pelanggaran HAM secara horizontal, sedangkan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh aparat negara dikatakan pelanggaran HAM secara vertikal. Objek pelanggaran HAM dapat menimpa individu ataupun kelompok.


Jenis Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Pelanggaran HAM meliputi pelanggaran hak asasi manusia yang dapat bersifat kejahatan biasa (ordinary crimes) dan kejahatan luar biasa (extra ordinary crimes). Beberapa contoh kejahatan biasa yaitu seperti pemukulan, penganiayaan, dan pencemaran nama baik.
Adapun karakteristik atau ciri-ciri kejahatan luar biasa, diantaranya :
  • Kejahatan terhadap kemanuasiaan bermotifkan kekuasaan yang dilakukan secara sistematis dan meluas.
  • Kejahatan ini akan menimbulkan teror, kekhawatiran dan ketakutan dalam masyarakat.
  • Kejahatan ini diakui oleh dunia sebagai kejahatan yang paling serius yang harus diselesaikan oleh seluruh negara, bahkan menjadi yurisdiksi internasional jika penyelesaiannya tidak dapat diselesaikan pada tingkat nasional. 
TERKAIT : Pengertian beserta contoh kejahatan Genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan
Setelah membaca artikel ini dapat kita simpulkan bahwa pelanggaran HAM merupakan tindakan yang merendahkan harkat dan martabat manusia. Pelanggaran HAM dapat terjadi atau dapat kita temui dimana dan kapan saja, seperti di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dunia internasional mengakui beberapa pelanggaran HAM yang bersifat berat antara lain kejahatan genosida dan kejahatan kemanusiaan.