Pengertian dan Karakteristik Kewirausahaan

Pengertian dan Karakteristik Kewirausahaan

Pengertian dan Karakteristik Kewirausahaan - Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya. Seseorang wirausaha bebas merancang, menentukan, mengelola dan mengendalikan semua usahanya. 

Ada juga yang mengartikan wirausaha yang berasal dari kata wira (gagah, berani, tanggung jawab, inovatif, kreatif, berjuang, mandiri) dan kata usaha (kegiatan yang dilakukan). Jadi wirausaha adalah seseorang yang melakukan kegiatan nya dengan gagah, berani, tanggung jawab, inovatif, kreatif, berjuang, dan mandiri.
Pelaku wirausaha disebut dengan wirausahawan atau enterpreneurship

Adapun karakteristik atau ciri seorang wirausaha, yaitu : 


1. Memiliki Rasa Percaya Diri


Entah karena takut salah atau karena malu atau juga karena hal lain, masyarakat Indonesia masa kini menjadi tidak memliki kepercayan diri. Hal tersebut jangan jauh-jauh mari kita pikirkan ketika kita sedang belajar dan seorang guru menanyakan suatu soal kepada muridnya. Tidak banyak murid tersebut ragu-ragu untuk menjawabnya atau juga sama sekali malu


2. Berorientasi Pada Tugas dan Hasil


Jadi, seorang wirausaha harus mempunya sikap tanggung jawab pada tugas - tugas yang dibebankan atau dihadapi oleh dirinya. Dan seorang wirausaha juga harus bertanggung jawab pada hasil dari tugas yang dibebankannya tersebut.

TERKAIT : Faktor-faktor Keberhasilan atau Kegagalan Wirausaha

3. Berani Mengambil Resiko

Richard Cantillon adalah orang pertama yang menggunakan istilah enterpreneurship di awal abad ke-18. Ia mengatakan bahwa wirausaha adalah seseorang yang menanggung resiko. Dalam mengambil tindakan, wirausaha hendaknya tidak didasari oleh spekulasi, melainkan perhitungan yang matang. Ia berani mengambil resiko terhadap pekerjaannya karena sudah diperhitungkan. Oleh sebab itu, wirausaha selalu berani mengambil resiko yang moderat, yang artinya resiko yang diambil tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Keberanian menghadapi resiko yang didukung dengan komitmen yang kuat, mendrong wirausaha untuk terus berjuang mencari peluang sampai memperoleh hasil. Hasil - hasil itu harus nyata atau jelas dan objektif, dam merupakan umpan balik (feedback) bagi kelancaran kegiatannya


4. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Seorang wirausaha yang berhasil selalu memiliki sifat kepempinan, kepeloporan dan keteladan. Dia selalu ingin tampil berbeda, lebih dahulu, dan lebih menonjol. Oleh karena itu sifat ini sangat dibutuhkan dikarekan dapat menjadi suatu teladan atau figur bagi anak - anak buahnya. 


5. Keorsinilan


Keorsinilan atau keaslian disini dimaksudkan bahwa seorang wirausaha memiliki ide yang kreatif dan menciptakan suatu barangnya dan bukan hasil meniru dari orang lain atau plagiarism


6. Berorentasi ke Masa Depan


Seorang wirausaha hendaknya harus mampu menatap masa depan dengan lebih optimis. Melihat ke depan dengan lebih optimis. Melihat kedepan dengan berfikir dan berusaha. Usaha memanfaatkan peluang dengan penuh perhitungan. Orang yang berorentasi ke masa depan adalah orang yang memiliki perspektif dan pandangan ke masa depan. Karena memiliki pandangan jauh ke masa depan dia akan berusaha untuk berkarsa dan berkarya.


7. Jujur dan Tekun


Kejujuran dan ketekunan merupakan kunci untuk meraih kesuksesan!!!! Dalam menjadi wirausaha dibutuhkan sikap jujur yaitu jujur kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat dan pegawai-pegawainya. Tekun dalam mencari ide-ide baru yang lebih kreatif. Dengan begitu, seorang wirausaha akan terkenal dan mendapat kepercayaan yang sangat besar.
TERKAIT : Kosep 10 D dari Bygrave Mengenai Wirausaha